Rabu, 05 Juni 2013

Jayapura City





Berada jauh dari sebuah kota kecil tempat saya dibesarkan,demi meraih masa depan terkadang membuat saya merindukan suasana dan keakrabannya. Entah apa yang disuguhkan kota ini sehingga tuk melupakannya saja sulit saya lakukan. Padahal dibanding kota yang sekarang saya tempati jauh lebih menyuguhkan euphoria muda-mudi yang jelas terpampang didepan mata. Tapi entah mengapa jayapura lebih memberikan kenyamanan buat saya, apa karena masa kecilku saya habiskan dikota ini?
Hmmm pengen rasanya menikmati lagi keindahan kota jayapura, memanjakan diri di tepi pantai pasir putih, mendengar dialek warga yang menurut saya ”ga ada matinya” iyo ka?itu sudaHhhh,Epz k,Mati Banyak,Sirbeh,dll and mengunjungi tempat special yang pernah saya datangi. Arghhhhhhh……jayapura emang kota yang paling ngangenin buat saya, walau bukan kota metro tapi tetap membuat saya merasa nyaman dan happy berada di sini

Sekilas Tentang Kota Jayapura
Ketika turun dari pesawat di bandar udara sentani en pengen menuju kota jayapura, kita bakal disambut ama keindahan danau sentani yang konon menyimpan sebuah misteri menurut cerita para penduduk sekitar danau.
Bandara Sentani terletak kira-kira 33 km dari Jayapura yang bisa ditempuh dengan memakan waktu 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan taksi atau angkutan umum, melewati jalan beraspal mulus yang meliuk-liuk di tepian danau Sentani yang setiap tahunya selalu diselenggarakan Festival Danau Sentani. Nah lewat perjalanan inilah kita bisa menikmati pesona danau sentani yang begitu tenang dan masih terlihat alami.
Beberapa kilometer kemudian kita bakal masuk suatu kawasan yang dinamakan waena, disini terdapat Taman Budaya Papua, tempat di mana terdapat bangunan-bangunan rumah adat. Biasanya di tempat ini setiap tahun berlangsung Pesta Budaya Papua (like Expo). Sebuah pesta budaya yang menampilkan seluruh potensi budaya setiap kabupaten di Papua yang diwakili oleh setiap suku yang ada. Di taman
budaya ini juga terdapat sebuah museum budaya yang menyimpan berbagai benda-benda bersejarah erat kaitannya dengan budaya Papua.
Setelah melewati daerah ini kita akan memasuki Abepura dan Entrop yang merupakan sebuah kota kecil yang masih merupakan wilayah administratif kota jayapura. Abepura niy disebut kota pelajar coz banyak banget sekolah dan perguruan tinggi, ada SMP st. Paulus, Univ.Saint dan Teknologi Jayapura (USTJ), Univ. Cenderawasih (UNCEN), SMU N 1 jayapura SMP N 2, SDN 3, SD Gembala Baik dll, pokokx masih banyak lagi.Tapi sayangnya sekarang berubah menjadi kota RUKO dikarenakan di Abepura-Kotaraja semakin banyak tempat perbelanjaan.
Sebelum Entrop kita akan melewati daerah kotaraja, disepanjang jalan masih bisa kita temuin beberapa sekolah (SMU Kathada, SMK N 3). Dikarenkan Jayapura terletak di antara topografi yang berbukit-bukit, sehingga kita akan melewati jalan yang menajak dan menurun, di antara celah pegunungan yang menghadap ke arah Teluk Yos Sudarso dan Teluk Yotefa, Kota Jayapura seakan berada dalam sebuah ruang tapal kuda, dengan kedua sisinya yang berada di ketinggian. Di atas ketinggian itu, kita tak hanya disuguhi bagian kota yang berada di tepi pantai. Tapi juga hamparan Samudra Pasifik yang berair biru, jernih, dan seolah tak berombak. So kembali lagi qt disuguhin pemandangan alam yang wauuu indah banget.



Di Entrop terdapat juga pusat perbelanjaan dan play land ”Papua Trade Center(PTC)”.Setelah Entrop, tuk menuju kota jayapura kita di kasih pilihan buat memilih jalur, coz tuk nyampe di jayapura bisa lewat daerah polimak dan masuk ke kota jayapura melewati SD, SMP en SMU Kristen Kalam kudus.Atau bisa juga melalui jalur ke dua yaitu melewati daerah hamadi, argapura en pelabuhan jayapura.
Nah sampailah kita di kota jayapura. Btw niy kota jayapura kalo malam indah banget….di lihat dari daerah angkasa ok ! dari polimak sekitar pemancar juga ok !


Kota jayapura emang ga sebesar kota-kota lainnya di Indonesia, tp menarik banget buat dikunjungi. Ga sedikit tempat2 pariwisata yang bisa qt date ngin en masih terlihat alami. Pantai-pantai di jayapura juga ga kalah menariknya, sebut aja pantai Base-G, pantai Hamadi, pantai Holtekamp, en yang paling aq suka banget tuh pantai Amai. Pantai Amai unik banget, ada yang air asin ada juga ya ng air tawar padahal masih satu kawasan ”nah lhoo bingung kan” dan oia Pantai Tablanusu dimana hamparan pasir pantai tersebut adalah kerikil sejenis batu kali.Kita juga bisa mengunjungi pantai di satu pulau tersendiri yang letaknya ga jauh dari k ota jayapura yang disebut ”Kayu pulo atau pulau Salib”


Berbicara wisata kuliner, orang2 papua mempunyai makanan khas yang biasa disebut papeda, dibuat dari sagu yang di campur dengan air panas.Biasanya papeda dinikmati bareng dengan ikan kuah. Kalo Cuma papeda doank ga ada rasa makanya enak bgt kalo dicampur ama ikan kuah. Buat yang berminat mengunjungi kota jayapura, jangan khawatir banyak koq hotel-hotel yang menyediakan fasilitas dengan kenyamanannya. Salah satu hotel yang termasuk baru dan merupakan hotel berbintang, yaitu ”swiss bell hotel”. Letaknya di kota jayapura ga jauh dari kantor gubernur.


Selain swiss bell hotel,masih banyak hotel2 di seputaran kota Jayapura…. Niy hanya sebagian kecil cerita tentang kota jayapura, masih banyak lg tempat wisata yang belom sempat sy ceritaiin…ntar deh kapan2 sy lanjutin lagi ceritanya. Ditunggu kedatanganya di Kota Jayapura.Sugeng Rawuh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar